%0 Generic %9 Other %A FADHILAH KHAIRANI, 1113024017 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:12665 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII SMP Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/12665/ %X Hasil observasi dan wawancara oleh peneliti di SMP Perintis 2 Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa belum dikembangkan secara optimal, karena guru menggunakan model pembelajaran yang tidak memfasilitasi siswa untuk aktif mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Desain penelitian adalah pretest-posttest non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan Uji U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh dari angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model PBL dilihat dari rata-rata N-gain pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 47,22 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 33,91. Rata-rata peningkatan aktivitas belajar siswa pada semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Aktivitas pada aspek merumuskan masalah, memberi argumen, melakukan induksi, deduksi, dan evaluasi berkriteria “tinggi”. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL (±90%). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning, berpikir kritis, aktivitas belajar, dan pengelolaan lingkungan