TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1272 UR - http://digilib.unila.ac.id/1272/ A1 - Zulkifli Hasan , Nadia Aprina Y1 - 2013/04/17/ N2 - Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pembelajaran tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 25 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 25 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan kegiatan guru dan siswa pada pembelajaran tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler dari pertemuan pertama sampai pertemuan kelima. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 22 siswa perempuan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, dokumentasi, non tes dan tes praktik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan panduan observasi, dokumentasi, panduan non tes dan tes praktik. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 25 Bandar Lampung pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima menunjukan bahwa siswa ikut berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran tari bedana. Aktivitas belajar siswa menunjukan hasil yang baik untuk kegiatan visual activities, listening activities dan motor activities karena pada aktivitas belajar siswa memperhatikan dan mendengarkan 9 ragam gerak tari bedana yang didemonstrasikan oleh guru sehingga siswa mampu mempraktikan 9 ragam gerak tari bedana sesuai dengan ketepatan hitungan. Pembelajaran tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 25 Bandar Lampung menunjukan hasil yang baik. Hasil tes kemampuan menari siswa yang ditinjau dari indikator wiraga, wirama dan wirasa. Kemampuan menari siswa ditinjau dari indikator wiraga pada aspek teknik kaki tergolong baik, teknik tangan tergolong baik, teknik kepala tergolong baik. Kemampuan menari siswa ditinjau dari indikator wirama pada aspek kesesuaian gerak tari bedana dengan iringan musik tergolong baik. Kemampuan menari siswa ditinjau dari indikator wirasa pada aspek ekspresi wajah tergolong baik. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PEMBELAJARAN TARI B E DANA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 25 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -