%A AGUS TRISTIANA 0913032001 %T ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DAN NON SERTIFIKASI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMPN 28 BANDAR LAMPUN %X Penelitian ini didasarkan atas program sertifikasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme guru yang mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kinerja guru yang bersertifikasi dan non sertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran yang akurat tentang material dan fenomena yang diamati. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMPN 28 Bandar Lampung baik yang telah bersertifikasi maupun yang belum bersertifikasi dengan jumlah sampel 42 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik angket. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru yang telah bersertifikasi cenderung lebih baik dibandingkan dengan kinerja guru yang belum bersertifikasi yang dapat dilihat dari persentase. dalam kategori baik kinerja guru yang telah bersertifikasi lebih besar dibandingkan dengan kinerja guru yang belum bersertifikasi yaitu 67% untuk guru yang telah bersertifikasi dan 53% bagi guru yang belum bersertifikasi sedangkan untuk kategori sedang guru yang telah bersertifikasi sebanyak 15% dan guru yang belum bersertifikasi 20% kemudian untuk kategori buruk sebanyak 18% untuk guru yang telah bersertifikasi dan 27% untuk guru yang belum bersertifikasi. Berdasarkan perhitungan statistik terdapat perbandingan antara kinerja guru yang bersertifikasi dan non sertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan t hitung > t tabel yaitu sebesar 97,33 > 2,02. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints12726