%0 Generic %9 Other %A M.A. AMINUDIN, 1113023037 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:12763 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI %U http://digilib.unila.ac.id/12763/ %X ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis multipel representa-si pada materi klasifikasi materi. Metode penelitian yang digunakan adalah meto-de Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penyusunan LKS dilakukan setelah melakukan studi pendahuluan yang terdiri dari studi kepustaka-an dan studi lapangan. Setelah penyusunan maka dilakukan validasi ahli oleh satu dosen ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Setelah itu meminta tanggapan oleh guru yang meliputi aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan, serta meminta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan ke-menarikan. Dari hasil tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan, diper-oleh persentase pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi sebesar 92,63%; 94,73%; dan 95,23% dengan kriteria sangat baik. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan juga sangat baik yaitu dengan persentase 84,42% dan 84,71%. Kata Kunci : klasifikasi materi , LKS, multipel representasi