TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints12766 UR - http://digilib.unila.ac.id/12766/ A1 - Inyania Riska Putrie, 1113024029 Y1 - 2015/08/20/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa antara pembelajaran yang menggunakan model Guided Discovery Learning dengan Guided Inquiry Learning pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Penelitian dilakukan di SMP PGRI 1 Bandar Lampung pada siswa kelas VII tahun pelajaran 2014/2015, merupakan studi komparatif dengan desain the randomized pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dan VII B sebagai kelas eksperimen 2 yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar aspek kognitif siswa, diperoleh dari pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis menggunakan Uji-t dan U pada taraf kepercayaan 5% dengan program SPSS 17. Data kualitatif berupa hasil belajar iii aspek afektif siswa yang diperoleh dan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan lembar observasi afektif. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen 2 (71,21) dengan kriteria tinggi lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 1 (43,69) dengan kriteria sedang. Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal pada kelas eksperimen 2 juga lebih tinggi baik indikator soal C2 (91,08) dan C3 (25,69) dibandingkan kelas eksperimen 1 dengan indikator soal C2 (89,36) dan C3 (11,11). Begitu pula halnya dengan hasil belajar aspek afektif siswa mengalami perbedaan, rata-rata hasil belajar aspek afektif siswa kelas eksperimen 2 lebih baik daripada kelas eksperimen 1. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar aspek afektif siswa kelas eksperimen 2 (71,69) berkriteria baik, sedangkan kelas eksperimen 1 (68,75) berkriteria cukup. Dengan demikian, model pembelajaran Guided Inquiry Learning lebih baik dibandingkan Guided Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa SMP PGRI 1 Bandar Lampung. Kata kunci : Guided Discovery Learning, Guided Inquiry Learning, hasil belajar, aspek kognitif, aspek afektif, peran manusia, dan pengelolaan lingkungan PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA (Studi Komparatif pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Lampung TP. 2014/2015) AV - restricted ER -