%A EVVI ARI WIDYAWATI 0913032041 %T PENGARUH KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH TP 2012/2013 %X Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana pengaruh kriteria ketuntasan minimal terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X SMA N 1 Seputih Banyak Lampung Tengah tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh kriteria ketuntasan minimal terhadap motivasi belajar peserta didik (X) dominan pada kategori cukup baik dengan persentase 50%, (2) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Y) dominan pada kategori kuat dengan persentase 36%, (3) terdapat hubungan yang positif, signifikan, dan kategori keeratan tinggi antara pengaruh kriteria ketuntasan minimal terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, artinya semakin baik pengetahuan tentang kriteria ketuntasan minimal dimungkinkan semakin meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan pada akhirnya akan mencapai prestasi yang baik. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints12777