TY - THES ID - eprints1279 UR - http://digilib.unila.ac.id/1279/ A1 - Jaswadi , NURUL HUDA Y1 - 2013/07/14/ N2 - Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen mutu SMM ISO 9001 : 2008 di SMK Negeri 2 Metro.Implementasi mengacu pada delapan prinsip standar mutu manajemen yakni : (1) fokus pelanggan (customer), (2) kepemimpinan (Leadership), (3) keterlibatan orang (Involving Peaple), (4) pendekatan proses (Process Approach), (5) pendekatan sistem manajemen (System Approach), (6) peningkatan berkesinambungan (Continual Improvement), (7) pendekatan faktual (Factual Decision Making), dan (8) hubungan pelanggan yang saling menguntungkan (Mutually Beneficial Supplier Relationships), (9) kendala, dan (10) dampak implementasi manajemen mutu SMM ISO 9001 : 2008. Rancangan penelitian adalah deskriptif analitik menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi implementasi manajemen mutu SMM ISO 9001 : 2008. Data yang diperoleh dari responden melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi merupakan deskripsi tentang pendapat, pengetahuan, pengalaman, dan aspek lainnya untuk dianalisis dan disajikan sehingga memiliki makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SMM ISO 9001 : 2008 melalui delapan prinsip manajemen mutu di SMK Negeri 2 Metro berjalan secara simultan dan terintegrasi dengan klausul SMM ISO 9001 : 2008. Kendala implementasi SMM ISO 9001 : 2008 di SMK Negeri 2 Metro menyangkut perubahan sikap, mental, perilaku seluruh unsur yang ada di sekolah, rendahnya self-initiative, sense of quality dan sense of rensponsibility. Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 di SMK Negeri 2 Metro berdampak pada efektivitas pengelola pendidikan yang bermutu ditandai dengan angka keterserapan lulusan yang tinggi, angka kelulusan 100 persen tiap tahun, iklim kerja baik, dewan guru kondusif, dan kepuasan pelanggan eksternal terhadap lulusan, sehingga memenuhi customer satisfaction. Kata Kunci: Mutu Manajemen, Pendidikan Vokasional, dan Pelanggan Eksternal PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU (SMM) ISO 9001 : 2008 PADA PENDIDIKAN VOKASIONAL (STUDI KASUS SMK NEGERI 2 METRO) AV - restricted ER -