@misc{eprints12794, month = {Agustus}, title = {PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KElAS VII SMP KARTIKA II-2 PADA MATERI PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015)}, author = {1112024075 ZHAKIA EL SHINTA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12794/}, abstract = {abstrak indonesia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas dan keterampilan berkomunikasi tertulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan gain kemampuan berpikir kreatif siswa yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U pada taraf kepercayaan 0,05 melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari LKS pertemuan I dan II, sikap kreatif, produk kreatif berupa poster, dan keterampilan berkomunikasi siswa dalam menulis paper yang dianalisis secara deskriptif. Zhakia El Shinta Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa ekperimen memiliki kreativitas dengan kriteria ?cukup?. Pada dimensi Process (kemampuan berpikir kreatif) siswa memiliki persentase sebesar 80,05\% dengan kriteria ?baik?. Pada dimensi Personal dan Press (sikap kreatif) siswa memiliki persentase sebesar 65,45\% dengan kriteria ?cukup? dan pada dimensi Product (karya kreatif) siswa memiliki persentase sebesar 71,71\% dengan kriteria ?cukup?. Berdasarkan hasil uji regresi terdapat hubungan positif dan pengaruh antar dimensi kreativitas yakni, semakin meningkat nilai KBK (dimensi Process) maka semakin meningkat nilai sikap kreatif siswa (dimensi Person dan Press) dan berpengaruh signifikan, semakin meningkat nilai KBK maka semakin meningkat nilai produk kreatif siswa (dimensi Product) walaupun tidak berpengaruh signifikan serta semakin meningkat nilai sikap kreatif maka semakin meningkat nilai produk kreatif siswa walaupun tidak berpengaruh signifikan. Keterampilan berkomunikasi tertulis rata-rata siswa eksperimen memiliki kriteria ?cukup?. Pada aspek isi memiliki kriteria ?kurang? (59,15 {$\pm$} 22,19), pada aspek bahasa memiliki kriteria ?baik? (77,78 {$\pm$} 22,50) dan pada teknik penulisan memiliki kriteria ?sangat baik? (87,20 {$\pm$} 15,93). Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan berkomunikasi tertulis siswa. Kata kunci : komunikasi tertulis, kreativitas, PBL} }