title: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA (Studi Komparatif pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Lampung T.P. 2014/2015) creator: Emily Prihatina Yama , 1113024015 subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa. Desain penelitian ini adalah the randomized pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar ranah kognitif siswa yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji Mann-Whitney U pada tarap kepercayaan 5% dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa data hasil belajar ranah afektif siswa yang diperoleh dari lembar observasi sikap yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen I lebih tinggi (61.87%) dan berbeda signifikan dengan kelas eksperimen II (26.53%). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal pada kelas eksperimen I dan eksperimen II juga mengalami perbedaan, pada kelas eksperimen I C1 (78%), C2 (71%) dan C3 (45%) berbeda signifikan dengan kelas eksperimen II N-gain C1 (18%), C2 (38%), C3 (11%), Rata-rata hasil belajar ranah afektif siswa pada kedua kelas tidak terdapat perbedaan, yang mana memiliki kriteria sama yaitu berkriteria baik dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I yaitu 83,33% sedangkan pada kelas eksperimen II 81,62%. Dengan demikian terdapat perbedaan antara model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning pada hasil belajar ranah kognitif siswa namun tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar ranah afektif pada materi pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan. Kata kunci: Guided Inquiry Learning, Guided Discovery Learning, ranah kognitif siswa, ranah afektif siswa, kepadatan penduduk, dan lingkungan publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-08-31 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/1/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/2/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/3/4.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/4/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/5/6.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/6/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/7/8.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/8/9.%20MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/9/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/11/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/12/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/19/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12799/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Emily Prihatina Yama , 1113024015 (2015) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA (Studi Komparatif pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Lampung T.P. 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/12799/