?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KREATIVITAS+DAN+KETERAMPILAN+BERKOMUNIKASI+SISWA+KELAS+VII+SMP+AL+KAUTSAR+PADA+MATERI+PERAN+MANUSIA+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN%0D%0A(Studi+Eksperimental+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Al+Kautsar+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015)&rft.creator=Qurrota+Aina%2C+1113024055&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran+Problem+Based+Learning+(PBL)+terhadap+kreativitas+dan+keterampilan+berkomunikasi+tertulis+siswa.+Penelitian+ini+merupakan+penelitian+eksperimental+semu+dengan+desain+pretest-posttest+kelompok+non+equivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII+G+dan+VII+H+SMP+Al+Kautsar+Bandar+Lampung+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.++Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretest%2C+posttest+dan+N-gain+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+dan+uji+U+pada+taraf+kepercayaan+0%2C05+melalui+program+SPSS+17.+Data+kualitatif+diperoleh+dari+kemampuan+berpikir+kreatif+yang+diperoleh+dari+LKS+pertemuan+1+dan+2%2C+sikap+kreatif%2C+produk+kreatif+(poster)%2C+dan+keterampilan+berkomunikasi+siswa+dalam+menulis+paper+yang+dianalisis+secara+deskriptif.+Serta+dilakukan+uji+regresi+untuk+mengetahui+pengaruh+antar+dimensi+dalam+kreativitas.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+rata-rata+siswa+ekperimen+memiliki+kreativitas+dengan+persentase+79.42%25+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D.+Pada+dimensi+Process+(kemampuan+berpikir+kreatif)+siswa+memiliki+persentase+sebesar+81.39%25+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D.+Pada+dimensi+Personal+dan+Press+(sikap+kreatif)+siswa+memiliki+persentase+sebesar+70.63%25+dengan+kriteria+%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D+dan+pada+dimensi+Product+(karya+kreatif)+siswa+memiliki+persentase+sebesar+86.25%25+dengan+kriteria+%E2%80%9Csangat+baik%E2%80%9D.+Berdasarkan+hasil+uji+regresi+diketahui+bahwa+terjadi+hubungan+positif+antara+keterampilan+berpikir+kreatif%2C+sikap+kreatif%2C+dan+produk+kreatif+yang+dihasilkan+siswa%2C+yang+artinya+semakin+meningkat+nilai+keterampilan+berpikir+kreatif+maka+semakin+meningkat+nilai+sikap+kreatif%2C+dan+meningkatkan+juga+produk+kreatif+yang+dihasilkan+siswa%2C+meskipun+tidak+berpengaruh+secara+signifikan.%0D%0A%0D%0AKeterampilan+berkomunikasi+tertulis+rata-rata+siswa+eksperimen+dengan+nilai+rata-rata+78.50+memiliki+kriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D.+Pada+aspek+isi+dengan+rata-rata+74.39+berkriteria+%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D%2C+aspek+bahasa+dengan+rata-rata+83.88+berkriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D%2C+dan+aspek+teknik+penulisan+dengan+rat-rata+80.00+berkriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D.+Dengan+demikian%2C+model+pembelajaran+Problem+Based+Learning+(PBL)+berpengaruh+dalam+meningkatkan+kreativitas+dan+keterampilan+berkomunikasi+tertulis+siswa.+%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci++%3A+Model+PBL%2C+kreativitas%2C+keterampilan+berkomunikasi+tertulis%2C+pencemaran+dan+kerusakan+lingkungan.%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-08-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F1%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F2%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F6%2F6.%2520RIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F7%2F8.%2520PERESEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F8%2F7.%2520MOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F9%2F10.%2520SANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F10%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F11%2F12.%2520DAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F12%2F13.%2520DAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F13%2F14.%2520DAFTAR%2520CONTOH.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F14%2F1.%2520BAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F15%2F2.%2520BAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F16%2F3.%2520BAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F18%2F4.%2520BAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F19%2F5.%2520BAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F20%2F6.%2520DAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Qurrota+Aina%2C+1113024055++(2015)+PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KREATIVITAS+DAN+KETERAMPILAN+BERKOMUNIKASI+SISWA+KELAS+VII+SMP+AL+KAUTSAR+PADA+MATERI+PERAN+MANUSIA+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN+(Studi+Eksperimental+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Al+Kautsar+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12800%2F