%A 1113024055 Qurrota Aina %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VII SMP AL KAUTSAR PADA MATERI PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas dan keterampilan berkomunikasi tertulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain pretest-posttest kelompok non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII G dan VII H SMP Al Kautsar Bandar Lampung yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain kemampuan berpikir kreatif siswa yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U pada taraf kepercayaan 0,05 melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari LKS pertemuan 1 dan 2, sikap kreatif, produk kreatif (poster), dan keterampilan berkomunikasi siswa dalam menulis paper yang dianalisis secara deskriptif. Serta dilakukan uji regresi untuk mengetahui pengaruh antar dimensi dalam kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa ekperimen memiliki kreativitas dengan persentase 79.42% dengan kriteria ?baik?. Pada dimensi Process (kemampuan berpikir kreatif) siswa memiliki persentase sebesar 81.39% dengan kriteria ?baik?. Pada dimensi Personal dan Press (sikap kreatif) siswa memiliki persentase sebesar 70.63% dengan kriteria ?cukup? dan pada dimensi Product (karya kreatif) siswa memiliki persentase sebesar 86.25% dengan kriteria ?sangat baik?. Berdasarkan hasil uji regresi diketahui bahwa terjadi hubungan positif antara keterampilan berpikir kreatif, sikap kreatif, dan produk kreatif yang dihasilkan siswa, yang artinya semakin meningkat nilai keterampilan berpikir kreatif maka semakin meningkat nilai sikap kreatif, dan meningkatkan juga produk kreatif yang dihasilkan siswa, meskipun tidak berpengaruh secara signifikan. Keterampilan berkomunikasi tertulis rata-rata siswa eksperimen dengan nilai rata-rata 78.50 memiliki kriteria ?baik?. Pada aspek isi dengan rata-rata 74.39 berkriteria ?cukup?, aspek bahasa dengan rata-rata 83.88 berkriteria ?baik?, dan aspek teknik penulisan dengan rat-rata 80.00 berkriteria ?baik?. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan berkomunikasi tertulis siswa. Kata kunci : Model PBL, kreativitas, keterampilan berkomunikasi tertulis, pencemaran dan kerusakan lingkungan. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12800