TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12801 UR - http://digilib.unila.ac.id/12801/ A1 - Mufidah Estu Kinasih, 1113024047 Y1 - 2015/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kalianda pada siswa kelas XI tahun pelajaran 2014/2015, merupakan studi eksperimen dengan desain group pretest-posttest non equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA3 dan XI MIA4, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai N-gain yang didapatkan dari nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan Uji t dan U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa mengenai keterampilan berpikir kritis dalam penerapan model Discovery Learning yang kemudian dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (44,76%) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (27,61%). Tidak hanya itu, analisis rata-rata nilai N-gain per indikator keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yang lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol yaitu pada indikator ?mengidentifikasi atau memformulasikan kriteria jawaban yang mungkin? (67,82%), ?keterampilan memberikan alasan? (40,04%) dan ?menggeneralisasi? (60,18%). Pada kelas eksperimen rata-rata keseluruhan dari aktivitas belajar yang diamati tergolong tinggi (75,00%) sedangkan pada kelas kontrol tergolong sedang (59,49%). Tanggapan positif terhadap penerapan model Discovery Learning yaitu ?dapat membuat siswa tertarik dalam mempelajari materi sistem pertahanan tubuh? (100%), dengan demikian siswa termotivasi untuk belajar dan melakukan kegiatan belajar secara aktif sehingga hal tersebut menyebabkan ?siswa mudah dalam memahami materi sistem pertahanan tubuh? (100%). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, discovery learning, keterampilan berpikir kritis dan sistem pertahanan tubuh PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH (Kuasi Eksperimen pada Siswa SMA Negeri 1 Kalianda Kelas XI Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -