TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12802 UR - http://digilib.unila.ac.id/12802/ A1 - Marsiyamsih, 1113023039 Y1 - 2015/08/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis multipel repre-sentasi pada materi klasifikasi materi dan untuk mendeskripsikan karakteristik e-book berbasis multipel representasi pada materi klasifikasi materi, tanggapan guru dan siswa, faktor-faktor pendukung, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan sampai pada ta-hap revisi uji coba terbatas. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dan aspek grafika sangat baik dengan persentase masing-masing 92% dan 92,5% secara ber-urutan. Tanggapan siswa pada aspek keterbacaan juga sangat baik dengan persen-tase sebesar 85%. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-book ini ada-lah kurangnya fasilitas seperti laptop dan komputer saat uji coba terbatas sehingga siswa hanya dapat melihat dan membaca e-book dengan LCD tanpa mencoba menggunakannya secara langsung. Kata Kunci : e-book, klasifikasi materi, multipel representasi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI AV - restricted ER -