TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12821 UR - http://digilib.unila.ac.id/12821/ A1 - LITA YUDHITYA, 1113024037 Y1 - 2015/08/25/ N2 - Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VII SMP Padjajaran Bandar Lampung menyatakan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Desain penelitian ini adalah pretest-postest non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan U. Data kualitatif diperoleh dari skor aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata N-gain dari nilai pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 50,54; kontrol = 34,30). Rata-rata peningkatan pada aspek merumuskan masalah adalah 43,48, memberi argumen 34,78, melakukan induksi 60,87, melakukan deduksi 53,62, dan melakukan evaluasi 39,86. Peningkatan ini didukung dengan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yang berkriteria ?tinggi? dan tanggapan positif siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : aktivitas belajar, kemampuan berpikir kritis, pengelolaan lingkungan, PBL PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Padjajaran Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -