@misc{eprints12822, month = {Agustus}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI}, author = {1113023061 Sri Ambar Wati}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12822/}, abstract = {Evaluasi pendidikan di Indonesia masih di dominasi pada penilaian kognitif yang menuntut siswa untuk menghafal dan kurang menilai keterampilan proses sains siswa, sehingga perlu untuk dilakukan pengembangan instrumen asesmen yang menilai keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengem-bangkan instrumen asesmen berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan hanya sampai pada tahap revisi hasil uji coba terbatas. Hasil dari instrumen asesmen yang dikembangkan yaitu instrumen asesmen yang dapat me-nilai keterampilan proses sains siswa pada materi klasifikasi materi. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tanggapan guru terhadap instrumen asesmen berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Berdasarkan ha-sil tanggapan guru, instrumen asesmen yang dikembangkan memiliki persentase sebesar 93,8\% pada aspek keterbacaan, 92\% pada aspek konstruksi, dan 95,3\% pada aspek kesesuaian isi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpukan bahwa asesmen yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik pada aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian isi sehingga asesmen yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai keterampilan proses sains siswa yang meliputi ke-terampilan mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, menginferensi, dan mengomunikasikan. Kata kunci : Asesmen, Keterampilan Proses Sains, Klasifikasi Materi } }