%A 1013052059 NANA SUSANTI %T PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR %X ABSTRAK INDONESIA Masalah penelitian ini adalah rasa percaya diri dalam belajar yang rendah. Permasalahan penelitian adalah ?apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegunaan layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Metode penelitian bersifat pre-eksperimental designs dengan One Group Pretest- Posttest Design. Subjek penelitian sebanyak 12 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Lampung yang memiliki rasa percaya diri dalam belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi percaya diri dalam belajar. Hasil analisis data dari pretest dan posttest rasa percaya diri dalam belajar pada siswa menggunakan uji beda Wilcoxon, diperoleh z hitung -2, 854 < z tabel 1,645, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Kesimpulan penelitian adalah terjadi peningkatan rasa percaya diri dalam belajar setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) kepada siswa yang mengalami rasa kurang percaya diri, hendaknya mengikuti kegiatan bimbingan kelompok yang diselenggarakan oleh guru bimbingan dan konseling (2) kepada guru bimbingan dan konseling, hendaknya dapat membantu siswa yang memiliki rasa percaya diri dalam belajar yang rendah dengan menggunakan bimbingan kelompok (3) kepada peneliti lain, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai rasa percaya diri dalam belajar dengan mengunakan teknik lainnya. Kata kunci: bimbingan kelompok, rasa percaya diri. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTA KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints12837