%A 1113053049 Henny Rhatna Shary %T PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV B SD N 04 METRO UTARA %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV B SD N 04 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD N 04 Metro Utara dengan menggunakan model active learning tipe index card match. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data berupa panduan observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning tipe index card match pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD N 04 Metro Utara. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I 61,54% (cukup aktif) dan pada siklus II 76,92% (aktif), terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,38%. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I 65,38% (tinggi) dan pada siklus II 88,46% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 23,08%. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa pada siklus I 50% (sedang) dan pada siklus II 88,46% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 38,46%. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I 57,69% (sedang) dan pada siklus II 84,61% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 26,92%. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, index card match %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints12842