%0 Generic %9 Other %A Putri Nurul Aini, 1113053087 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:12843 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MARGAJAYA %U http://digilib.unila.ac.id/12843/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Margajaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model PBL dengan media power point. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media power point pada mata pelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I 67,14 (aktif) siklus II 89,76 (sangat aktif) mengalami peningkatan 22,62. Persentase keaktifan kelas siklus I 60,00% (aktif) siklus II 95,72% (sangat aktif) mengalami peningkatan 35,72%.Nilai rata-rata hasil belajar afektif siklus I 69,52 (baik) siklus II 79,05 (baik) mengalami peningkatan 9,53 dengan persentase ketuntasan siklus I 55,72% (cukup) siklus II menjadi 75,72% (baik) mengalami peningkatan 20,00%. Nilai rata-rata hasil belajar psikomotor siklus I 65,72 (cukup terampil) siklus II 86,19 (sangat terampil) mengalami peningkatan 20,47 dengan persentase ketuntasan siklus I 54,29% (cukup terampil) siklus II 90,00% (sangat terampil) mengalami peningkatan 35,71%. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siklus I 77,46 (baik) siklus II 83,74 (sangat baik) mengalami peningkatan 6,28 dengan persentase ketuntasan siklus I 62,86% (tinggi) siklus II 77,15% (tinggi) mengalami peningkatan 14,29%. Kata kunci: model Problem Based Learning, media power point, aktivitas belajar, hasil belajar.