%A 1113024020 FITRI NURYANAH %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 14 Bandar Lampung T.P 2014/2015) %X Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X4 dan X6 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan U pada taraf kepercayaan 5% melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh melalui lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil aktivitas belajar siswa rata-rata dari semua aspek yang diamati berkriteria tinggi (78%). Pada aspek Kemampuan mengajukan pertanyaan (58%); mengumpulkan data (87%); mempresentasikan hasil diskusi (75%); dan menyampaikan pendapat (90%). Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai postes (65); N-gain (45). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain (0,4) pada indikator C2 dan (0,6) pada indikator C4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pencemaran lingkungan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints12846