TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints12851 UR - http://digilib.unila.ac.id/12851/ A1 - Annisa Fitriana, 1113052004 Y1 - 2015/08/25/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa dalam beraktivitas di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah token ekonomi dapat meningkatkan percaya diri dalam beraktivitas di sekolah pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam beraktivitas di sekolah menggunakan token ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimental dengan desain one-group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 anak yang memiliki kepercayaan diri dalam beraktivitas di sekolah yang rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan percaya diri dalam beraktivitas di sekolah setelah diterapkan token ekonomi, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon, berdasarkan hasil perhitungan skor antara pre-test dan post-test diperoleh Zhitung < Ztabel (-2,214 < 0) maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya penggunaan token ekonomi dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam beraktivitas di sekolah pada siswa di TK At-Taqwa Bandar Jaya Barat Tahun Ajaran 2014/2015. Saran yang diberikan adalah : (1) Kepada guru, hendaknya senantiasa menciptakan situasi yang penuh penghargaan dalam setiap pencapaian yang diperolah anak. (2) Kepada orang tua, hendaknya menjalin komunikasi aktif terhadap pihak sekolah agar dapat bekerjasama secara efektif guna memantau dan mengoptimalkan perkembangan anak. (3) Kepada para peneliti, hendaknya dapat mengembangkan penelitian terkait pengoptimalan perkembangan anak lainya dengan menggunakan token ekonomi maupun pendekatan behavioral lainnya. Kata kunci : percaya diri, beraktivitas di sekolah, token ekonomi PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGGUNAAN TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PERCAYAAN DIRI DALAM BERAKTIVITAS DI SEKOLAH PADA SISWA DI TK AT-TAQWA BANDAR JAYA BARAT TAHUN AJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -