TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12854 UR - http://digilib.unila.ac.id/12854/ A1 - Siti Mukayanah, 1313093110 Y1 - 2015/06/24/ N2 - abstrak indonesia Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil ulangan harian IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kejadian. Tujuan penerapan model disovery learning yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi empat tahapan. Empat tahapan tersebut membentuk siklus, penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi dan tes. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Sikap siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 53,33, meningkat pada siklus II berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 87,08. Keterampilan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup terampil dengan nilai rata-rata 60,55, meningkat pada siklus II berada pada kategori sangat terampil dengan nilai rata-rata 87,77. Ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebanyak 46,66% meningkat pada siklus II menjadi 86,66% dari jumlah siswa. Kata kunci : hasil belajar IPA, dan model discovery learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN AV - restricted ER -