%A 1113031074 Yayuk Sulan Utami Ningsih %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS Terpadu serta mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan model pembelajaran Talking Stick dan model Make A Match dengan memperhatikan minat belajar pada kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu serta interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 289 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa yang ditentukan dengan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, (2) hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick lebih tinggi dibandingkan yang pembelajaannya menggunakan model kooperatif tipe Make A Match, (3) hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki minat belajar rendah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Make A Match, (4) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12872