%A NURIS MUKHTON Abdul %T EFEKTIVITAS ANIMASI MULTIMEDIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Sumberejo Tahun Pelajaran 2012/2013) %X Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan animasi multimedia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa kemudian dianalisis secara deskriptif serta data kuantitatif yang diperoleh melalui nilai pretes dan postes kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji U pada taraf kepercayaan 95%. Nuris Mukhton ii Hasil penelitian dan uji U N-gain indikator penguasaan materi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan materi oleh siswa yang pembelajarannya menggunakan animasi multimedia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari rata-rata pretes 23,04 menjadi 85,00 pada rata-rata postes dengan N-gain 80,30. Peningkatan penguasaan materi oleh siswa juga dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata aktivitas belajar 57,99% pada pertemuan pertama menjadi 76,87% pada pertemuan kedua dengan persentase peningkatan 18,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan animasi multimedia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi pokok sistem peredaran darah oleh siswa. Kata kunci: Animasi multimedia, STAD, aktivitas belajar, penguasaan materi, sistem peredaran darah %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas KIP %L eprints129