?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+%0D%0A(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF++%0D%0A(Kuasi+Eksperimen+Terhadap+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+N+12+Bandar+Lampung+T.P+2014%2F2015+Pada+Materi+Pokok+Pengaruh+Kepadatan+Populasi+Manusia+Terhadap+Lingkungan)+%0D%0A&rft.creator=Mega+Ridni+Utari%2C+1113024040&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Hasil+observasi+di+kelas+VII+SMP+Negeri+12+Bandar+Lampung%2C+diketahui+bahwa+kemampuan+berpikir+kreatif+siswanya+siswa+masih+rendah.+Oleh+karena+itu%2C+diperlukan+solusi+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa%2C+salah+%0D%0Asatunya+dengan+menggunakan+model+Problem+Based+Learning+(PBL).+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran++PBL+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif.+%0D%0A+%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+non-equivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIIh+dan+VIIi+yang+dipilih+dari+populasi+secara++purposive++sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+berupa+hasil+kemampuan+berpikir+kreatif+yang+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes-+postes+dan+N-gain+yang+dianalisis+%0D%0Amenggunakan+uji-t+dan+U++melalui+bantuan+program+SPSS+17.+Data+kualitatif+berupa+aktivitas+berpikir+kreatif+siswa+yang+diperoleh+dengan+menggunakan+lembar+pengamatan%2C+dan+tanggapan+siswa+penggunaan+model+PBL+yang+diperoleh+%0D%0Adengan+menggunakan+angket+dan+dianalisis+secara+deskriptif.+%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+PBL+berpengaruh+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+yang+dapat+dilihat+dari++rata-rata+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+kelas+eksperimen+yaitu+78%2C78+sedangkan+kelas+kontrol++kontrol+yaitu+72%2C37.++%0D%0ASelain+itu%2C+rata-rata+peningkatan+kemampuan+berpikir+kreatif+semua+indikator+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen+67%2C06%25++lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+%0D%0A56%2C24%25+.++Rata-rata+persentase+aktivitas+siswa+dalam+aspek+yang+diamati++pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol.+Untuk+aspek+mengemukakan+ide+pada+kelas+eksperimen+yaitu+75%25+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+72%25%2C+untuk+bertukar+informasi+pada+kelas+eksperimen+yaitu+75%25+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+eksperimen+yaitu+73%25%2C++untuk+mempresentasikan+%0D%0Ahasil+diskusi+pada+kelas+eksperimen+dan+kontrol+sama+yaitu+62%25%2C+untuk+mengajukan+pertanyaan+kelas+eksperimen+66%25+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+yaitu+48%25.+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+%0D%0Aterhadap+penggunaan+model+PBL.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+model+PBL+berpengaruh+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa.+%0D%0A+%0D%0AKata+kunci+%3A++Problem+Based+Learning++(PBL)%2C+berpikir+kreatif%2C+dan+aktivitas+%0D%0Abelajar+siswa+%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2015-09-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F1%2F1%2520-%2520COVER%2520DEPAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F2%2F2%2520-%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F3%2F3%2520-%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F4%2F7%2520-%2520RIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F5%2F8%2520-%2520PERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F6%2F9%2520-%2520MOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F7%2F10%2520-%2520SANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F8%2F11%2520-%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F9%2F12%2520-%2520DAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F10%2F13%2520-%2520DAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F11%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F12%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F13%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Mega+Ridni+Utari%2C+1113024040++(2015)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+(Kuasi+Eksperimen+Terhadap+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+N+12+Bandar+Lampung+T.P+2014%2F2015+Pada+Materi+Pokok+Pengaruh+Kepadatan+Populasi+Manusia+Terhadap+Lingkungan).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12900%2F