TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12901 UR - http://digilib.unila.ac.id/12901/ A1 - SHELLA SAPUTRI, 1113034065 Y1 - 2015/08/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Windows Movie Maker terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran Geografi di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X dengan sampel kelas X IIS 3 dan X IIS 4. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran Windows Movie Maker terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi. Berdasarkan hasil perhitungan hasil uji t menyatakan bahwa nilai t hitung sebesar 10.112, sedangkan t tabel pada taraf signfikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 76, yaitu sebesar 1,992, maka dapat dikatakan t hitung > t tabel (10.112 > 1,992) dan signifikansi (0,002 < 0,05) dan uji effect size diketahu bahwa Cohen?s d sebesar 2,3 dengan effect size r sebesar 0,99. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Windows Movie Maker berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dengan tingkat pengaruh ukuran dalam kriteria besar. Kata Kunci: media, hasil belajar, windows movie maker. Abstrak Bahasa Inggris PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WINDOWS MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -