%A 1013033071 Aimbawati %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A SMP NEGERI 3 TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2014/2015 %X Motivasi belajar dalam suatu kegiatan pembelajaran dapat dicapai dari kesesuaian model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran MURDER merupakan model kooperatif yang menyusun struktur interaksi siswa. Langkah-langkah pembelajaran yang kompleks dan komprehensip dengan memperhatikan mood (suasana hati), understand (memahami), recall (pengulangan), digest (menelaah), expand (pemahaman), review (mempelajari kembali) dapat memberikan kebebasan kepada siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga dapat menumbuhkan motivasi. Pada penelitian ini aspek-aspek motivasi yang diukur adalah minat, semangat, tanggung jawab, respon dan kepuasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015 (2). Seberapa besar signifikansi pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data deskriptif kuantatif dengan menggunakan paired t test. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan secara statistik diperoleh nilai Sig.=0,000, artinya terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada saat pre test dan post test setelah dilakukan model pembelajaran MURDER, artinya model pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tumijajar. Besarnya pengaruh pembelajaran MURDER terhadap motivasi pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tumijajar adalah 51,1% sedangkan sisanya (46,9%) disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12912