@misc{eprints12920, month = {Agustus}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015)}, author = {1113024001 Ahmad Efendi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12920/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian adalah desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X3 dan X7 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata N-gain sebesar 66,85. Peningkatan indikator berpikir kreatif siswa terjadi pada indikator berpikir lancar (80,06\%), berkriteria ?tinggi?; berpikir luwes (82,67\%) berkriteria ?tinggi?; berpikir orisinal (53,79) berkriteria ?sedang?; dan berpikir merinci (37,50\%) berkriteria ?sedang?. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati memiliki kriteria tinggi yaitu 76 \%. Dengan demikian, pembelajaran Problem Posing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Lingkungan. Kata kunci: Problem Posing, berpikir kreatif, aktivitas belajar, lingkungan} }