%A 1113041076 YOLANDA PRIYANDANI %T PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek pada kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesmpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru terdapat komponen yang tidak sesuai yaitu kunci jawaban soal yang tidak dicantumkan pada RPP dan skenario pembelajaran tidak dijelaskan secara runtut sehingga saat pembelajaran dikelas, alokasi waktu yang telah direncanakan yaitu 2 pertemuan tidak sesuai menjadi 5 pertemuan. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru telah melakukan semua indikator. Pada kegiatan inti, guru telah melakukan semua indikator tetapi terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu yang direncanakan pada RPP dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Saat kegiatan penutup, guru tidak melaksanakan kegiatan refleksi atau membuat rangkuman dan tidak memberikan tes lisan atau tulisan. Aktivitas siswa di kelas sesuai dengan pendekatan saintific. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints12933