@misc{eprints12944, month = {September}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan ) }, author = {1113024006 ARFIYANA DESTARIA TARMIZI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12944/}, abstract = {ABSTRAK INDONESIA Hasil observasi dan wawancara pada guru mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum mampu melatih self efficacy siswa dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan self efficacy siswa. Salah satu solusinya adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBI terhadap hasil belajar dan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest-postest control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan kelas VIIB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa self efficacy siswa yang diambil Arfiyana Destaria Tarmizi iii dari angket yang dianalisa secara deskriptif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji ANOVA satu jalur pada taraf kepercayaan 5\% melalui bantuan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBI mampu meningkatkan self efficacy siswa dengan rata-rata aspek self efficacy siswa sebesar 76\% dengan kriteria baik. Pada aspek pencapaian kinerja sebesar 77\%, aspek pengalaman orang lain sebesar 73\%, aspek persuasi verbal sebesar 80\%, dan aspek psikologis sebesar 75\%. Disamping itu, model pembelajaran PBI mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 62,2. Selain itu, terdapat hubungan positif antara self efficacy dan hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBI meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, PBI, self efficacy} }