?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED%0D%0AINSTRUCTION+TERHADAP+SELF+EFFICACY+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0ASISWA%0D%0A(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+2+Seputih%0D%0AMataram+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015+pada+Materi+Pokok%0D%0APengaruh+Kepadatan+Populasi+Manusia%0D%0ATerhadap+Lingkungan+)%0D%0A&rft.creator=ARFIYANA+DESTARIA+TARMIZI%2C+1113024006&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=ABSTRAK+INDONESIA%0D%0A%0D%0AHasil+observasi+dan+wawancara+pada+guru+mata+pelajaran+IPA+kelas+VII+SMP%0D%0ANegeri+2+Seputih+Mataram+menunjukkan+bahwa+proses+pembelajaran+belum%0D%0Amampu+melatih+self+efficacy+siswa+dan+hasil+belajar+siswa+masih+rendah.+Oleh%0D%0Akarena+itu%2C+diperlukan+solusi+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+dan+self+efficacy%0D%0Asiswa.+Salah+satu+solusinya+adalah+menggunakan+model+pembelajaran+Problem%0D%0ABased+Instruction+(PBI).+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh%0D%0Amodel+PBI+terhadap+hasil+belajar+dan+self+efficacy+siswa.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretest-postest%0D%0Acontrol+group.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIIA+dan+kelas+VIIB+yang%0D%0Adipilih+dengan+teknik+purposive+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data%0D%0Akualitatif+dan+kuantitatif.+Data+kualitatif+berupa+self+efficacy+siswa+yang+diambil%0D%0AArfiyana+Destaria+Tarmizi%0D%0Aiii%0D%0Adari+angket+yang+dianalisa+secara+deskriptif.+Data+kuantitatif+berupa+data+hasil%0D%0Abelajar+siswa+yang+diperoleh+dari+nilai+rata-rata+N-gain+yang+dianalisis+secara%0D%0Astatistik+menggunakan+uji+ANOVA+satu+jalur+pada+taraf+kepercayaan+5%25+melalui%0D%0Abantuan+SPSS+17.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+PBI+mampu%0D%0Ameningkatkan+self+efficacy+siswa+dengan+rata-rata+aspek+self+efficacy+siswa+sebesar%0D%0A76%25+dengan+kriteria+baik.+Pada+aspek+pencapaian+kinerja+sebesar+77%25%2C+aspek%0D%0Apengalaman+orang+lain+sebesar+73%25%2C+aspek+persuasi+verbal+sebesar+80%25%2C+dan%0D%0Aaspek+psikologis+sebesar+75%25.+Disamping+itu%2C+model+pembelajaran+PBI+mampu%0D%0Ameningkatkan+hasil+belajar+siswa+dengan+rata-rata+N-gain+sebesar+62%2C2.+Selain+itu%2C%0D%0Aterdapat+hubungan+positif+antara+self+efficacy+dan+hasil+belajar+siswa+dengan+nilai%0D%0Aprobabilitas+lebih+kecil+dari+0%2C05.+Dengan+demikian%2C+penggunaan+model%0D%0Apembelajaran+PBI+meningkatkan+self+efficacy+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+hasil+belajar%2C+PBI%2C+self+efficacy&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2015-09-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F118%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F4%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F5%2FDAFTAR%2520ISI%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F6%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F8%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F9%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F10%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F11%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F12%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F13%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F14%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F15%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F16%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F17%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F18%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F19%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F20%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++ARFIYANA+DESTARIA+TARMIZI%2C+1113024006++(2015)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+INSTRUCTION+TERHADAP+SELF+EFFICACY+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+2+Seputih+Mataram+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015+pada+Materi+Pokok+Pengaruh+Kepadatan+Populasi+Manusia+Terhadap+Lingkungan+).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12944%2F