%A 1113043035 Risa Alufha %T PEMBELAJARAN TARI MELINTING MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DI SMP NEGERI 3 PEKALONGAN %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran tari melinting mengguanakan model kooperatif tipe NHT (Number Head Together) di SMP Negeri 3 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran tari melinting dan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran tari melinting. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari melinting menggunakan model kooperatif tipe NHT di SMP Negeri 3 Pekalongan. Objek penelitian adalah pembelajaran tari melinting pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Pekalongan. Subjek penelitian adalah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan kelas VIII 1 di SMP Negeri 3 Pekalongan. Sumber data adalah guru seni dan 20 siswa kelas VIII 1. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah panduan observasi, panduan wawancara, panduan dokumentasi, panduan penilaian aktivitas siswa, dan panduan penilaian tes praktik. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ada 5 langkah penerapanmodel NHT pada pembelajaran tari melinting, yaitu pembagian kelompok, pemberian nomor, pemberian tugas, diskusi, dan persentasi. Hasil tes praktik mendapat nilai 77 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa mendapat nilai 82 dengan kriteria baik, dilihat dari visual activities, listening activities, motor activities, dan kekompakan dalam kelompok. Kata kunci: pembelajaran, tari melinting, model number head together (NHT). Abstrak Bahasa Inggris %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints12957