%A 113034057 Ria Anisa %T Penggunaan Model Pembelajaran Problem solving untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2014/2015 %X ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran problem solving dan hasil belajar geografi dengan menggunakan model konvensional. Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimen Semu (quasi eksperimen). Jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Regresi Linear. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan hasil belajar yang menggunakan model konvensional. Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Kata Kunci: Model Problem Solving, berpikir kritis,dan Hasil Belajar Geografi ABSTRAK INGGRIS %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints12961