%0 Generic %9 Other %A KADEK MELA DWITYANINGSIH, 1113024034 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:12962 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Mataram TP. 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem) %U http://digilib.unila.ac.id/12962/ %X abstrak indonesia Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based instruction terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIE SMPN 1 Seputih Mataram yang dipilih secara purposive sampling. Data hasil belajar diperoleh dari pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis dengan uji Anova. Data kualitatif berupa self-efficacy diperoleh dari angket self-efficacy siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen berkriteria “sedang” (57,73). Peningkatan self-efficacy dalam aspek pencapaian kinerja yang diamati pada kelas eksperimen berkriteria “pada umumnya” (68%). Dengan demikian, disimpulkan bahwa problem based instruction meningkatkan hasil belajar siswa dan berpengaruh terhadap self-efficacy siswa. Kata kunci : hasil belajar, self-efficacy,problem, based instruction