title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Seputih Mataram Kab. Lampung Utara Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan Tahun Pelajaran 2014/2015) creator: Suci Mardianti, 1113024064 subject: L Education (General) = Pendidikan description: ABSTRAK INDONESIA Hasil observasi dengan guru biologi di SMP Negeri 1 Seputih Mataram, diketahui bahwa self efficacy siswa dan hasil belajar siswa belum optimal. Oleh krena itu, diperlukan alternative untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)terhadap self efficacy dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B dan VIIC yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai n-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-Anova dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa self efficacy siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh terhadap self efficacy dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 42,00, nilai postes 78,00 dan N-gain 63. Peningkatan self efficacy siswa terjadi dalam semua aspek. sebesar 70% dengan kriteria “baik”. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction berperangaruh terhadap self efficacy dan berperangaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Model pembelajaran PBI, Self efficacy, hasil belajar dan Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-09-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/1/1.%20COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/3/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/4/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/5/8.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/6/9.%20MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/7/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/8/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/9/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/10/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/11/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/12/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/13/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12967/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Suci Mardianti, 1113024064 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Seputih Mataram Kab. Lampung Utara Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/12967/