TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12975 UR - http://digilib.unila.ac.id/12975/ A1 - Adi Isnenda, 1011011176 Y1 - 2015/08/21/ N2 - Kepuasan konsumen telah menjadi isu yang sangat penting di era saat ini, dan banyak perusahaan menginvestasikan sumber daya yang dimiliki untuk terus berupaya mencari informasi bagaimana cara meningkatkan kepuasan konsumen. Servicescape merupakan salah satu hal yang dapat digunakan usaha restoran untuk mempengaruhi kepuasan konsumen. Masalah yang diahadapi Taman Santap Rumah Kayu adalah tingginya persaingan dalam kategori restoran di kota Bandar Lampung ditandai dengan tingkat kunjungan konsumen yang cenderung berfluktuatif tiap bulannya, dan terdapat perbedaan teori (gap teori) dalam menentukan indikator dari servicesape. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan fisik (servicescape) terhadap kepuasan konsumen pada Taman Santap Rumah Kayu di Bandar Lampung. Hipotesis dalam penelitian ini diduga bahwa lingkungan fisik (servicescape) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada Taman Santap Rumah Kayu di Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Taman Santap Rumah Kayu di Bandar Lampung. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Lingkungan Fisik (Servicescape) dalam mempengaruhi variabel Y (Kepuasan Konsumen) sebesar 59,4% , dan diketahui bahwa hasil uji-t pada variabel Lingkungan Fisik (Servicescape) (X) yaitu Kondisi Latar Belakang Suasana (Ambient), Dimensi Desain, dan Dimensi Sosial berpengaruh positif terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y), serta hasil uji-F variabel Lingkungan Fisik (Servicescape) Berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen (Y), dengan nilai signifikansi dibawah alpha yang telah ditentukan. Saran sebaiknya restoran meningkatkan dimensi sosial. Hal ini disebabkan variabel dimensi sosial merupakan variabel terkecil yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Restoran sebaiknya lebih meningkatkan pendelegasian tugas karyawan, cara berpenampilan yang baik dan bersih, melayani dan menyapa konsumen dengan sepenuh hati, kesigapan karyawan yang selalu ada dan siap untuk melayani maupun membantu konsumen agar tercipta sebuah lingkungan sosial yang baik, sehingga hal ini dapat membantu menciptakan kepuasan konsumen pada Taman Santap Rumah Kayu di Bandar Lampung. Kata kunci: Lingkungan Fisik (Servicescape), Kondisi Latar Belakang Suasana (Ambient), Dimensi Desain, Dimensi Sosial, Kepuasan Konsumen PB - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TI - PENGARUH LINGKUNGAN FISIK (SERVICESCAPE) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Taman Santap Rumah Kayu di Bandar Lampung) AV - restricted ER -