?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+NUMBERED+HEADS+TOGETHER+(NHT)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERKOMUNIKASI+LISAN+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+PERAN+MANUSIA%0D%0A+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN%0D%0A%0D%0A(Kuasi+Eksperimental+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap%0D%0A++++++SMP+Negeri+1+Sukadana+Kabupaten+Lampung+Timur%0D%0A+++Tahun+Pelajaran+2014%2F2015)%0D%0A&rft.creator=NYINANG+ANDANI%2C+1113024052&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Kemampuan+komunikasi+lisan+merupakan+salah+satu+tujuan+dari+standar+kompetensi+lulusan+yang+harus+dimiliki+siswa+sekolah+menengah+atas.+Namun+hasil+observasi+di+kelas+VII+SMP+Negeri+1+Sukadana%2C+diketahui+bahwa+kemampuan+komunikasi+lisan+oleh+siswa+belum+dikembangkan+secara+optimal.++Hal+ini+dikarenakan+selama+ini+guru+menggunakan+metode%2Fmodel+pembelajaran+yang+tidak+memfasilitasi+siswa+untuk+mengembangkan+kemampuan+komunikasi+lisannya.++Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model+pembelajaran+NHT++dalam+meningkatkan+kemampuan+berkomunikasi+lisan+dan+hasil+belajar+oleh+siswa.++%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretest+postest+kelompok+tak+ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII_1+dan+VII_2+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.++Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.++Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretest+dan+postest+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-U.+Data+kualitatif+berupa+deskripsi+kemampuan+komunikasi+lisan+oleh+siswa+yang+diperoleh+melalui+pengamatan+ketika+pembelajaran+berlangsung+dan+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+model+NHT++yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0AHasil++penelitian++menunjukkan+bahwa+penerapan+model+pembelajaran+NHT+berpengaruh++secara+signifikan+terhadap+kemampuan+komunikasi+lisan+siswa.+Terlihat+kemampuan+komunikasi+lisan+siswa+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol%2C+kelas+eksperimen+dengan+rata-rata+(60%2C45)++yaitu+dengan+kriteria+baik+dan+kelas+kontrol+dengan+rata-rata+(48%2C97)++yaitu+dengan+kriteria+cukup.+Rata-rata+N-gain+siswa+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+yaitu+48%2C86+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol+27%2C01.++Sebagian+besar+siswa+(94%2C1%25)++memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+pembelajaran+NHT.++Dengan+demikian%2C+penggunaan+model+pembelajaran+NHT+berpengaruh+secara+signifikan+dalam+meningkatkan+kemampuan+komunikasi+lisan+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A++Model+NHT%2C+Kemampuan+berkomunikasi+lisan%2C+Hasil+belajar+siswa%2C+Peran+manusia+dalam+pengelolaan+lingkungan.%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2015-09-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F1%2F1.%2520Cover%2520Depan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F2%2F2.%2520Abstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F3%2F3.%2520Cover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F4%2F4.%2520Halaman%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F5%2F5.%2520Halaman%2520Pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F6%2F6.%2520Riwayat%2520Hidup.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F7%2F7.%2520Persembahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F8%2F8.%2520Moto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F9%2F9.%2520Suraat%2520Pernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F10%2F10.%2520Sanwacana.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F11%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F12%2F12.%2520Daftar%2520Tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F13%2F13.%2520Daftar%2520Gambar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++NYINANG+ANDANI%2C+1113024052++(2015)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+NUMBERED+HEADS+TOGETHER+(NHT)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERKOMUNIKASI+LISAN+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+PERAN+MANUSIA+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN+(Kuasi+Eksperimental+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Negeri+1+Sukadana+Kabupaten+Lampung+Timur+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12976%2F