TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12976 UR - http://digilib.unila.ac.id/12976/ A1 - NYINANG ANDANI, 1113024052 Y1 - 2015/09/14/ N2 - Kemampuan komunikasi lisan merupakan salah satu tujuan dari standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki siswa sekolah menengah atas. Namun hasil observasi di kelas VII SMP Negeri 1 Sukadana, diketahui bahwa kemampuan komunikasi lisan oleh siswa belum dikembangkan secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode/model pembelajaran yang tidak memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi lisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest postest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII_1 dan VII_2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan postest yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan komunikasi lisan oleh siswa yang diperoleh melalui pengamatan ketika pembelajaran berlangsung dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model NHT yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi lisan siswa. Terlihat kemampuan komunikasi lisan siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, kelas eksperimen dengan rata-rata (60,45) yaitu dengan kriteria baik dan kelas kontrol dengan rata-rata (48,97) yaitu dengan kriteria cukup. Rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 48,86 dibandingkan dengan kelas kontrol 27,01. Sebagian besar siswa (94,1%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran NHT. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran NHT berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model NHT, Kemampuan berkomunikasi lisan, Hasil belajar siswa, Peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -