@misc{eprints12999, month = {Juni}, title = {PEMBELAJARAN TEKS SYAIR PADA SEKOLAH DASAR AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = { 1323041022 K. Sugeng Prijono}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12999/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran teks syair pada kelas VH SD Al Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pembelajaran teks syair pada kelas VH SD Al Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tiga tahap pembelajaran. Perencanaan pembelajaran berupa RPP yang disusun oleh guru adalah RPP yang terstruktur sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan. Pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas yang dilakukan guru dan aktivitas yang dilakukan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Pada aktivitas guru peneliti menggunakan instrumen perencanaan pelaksanaan pembelajaran, sedangkan aktivitas peserta didik peneliti menggunakan instrumen dalam melakukan observasi di kelas. Penilaian yang direncanakan guru dalam RPP meliputi tiga jenis. Kata kunci: pembelajaran, sekolah dasar, teks syair ABSTRACT The problem in this research is haw the poem text in class learning VH SD Al Kautsar Bandarlampung school year 2014/2015. The purpose of this study is to describe the lyric text in class learning VH SD Al Kautsar Bandarlampung school year 2014/2015. The research method used is descriptive qualitative. Result research showed three stages of learning. RPP learning plan form prepared by the teacher is s structured lesson plan and in accordance with the learning material that will be taught. Implementation of learning includes activities that teachers and learners of activities undertaken during the learning takes place. In the teacher activity research us planning instruments implementations of learning, while activities of learners researchers used the instrument in making observations in the classroom. The planned assessment of teachers in the RPP includes three types. Keywords: elementary school, learning, poem texts } }