@misc{eprints13079, month = {September}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN (Studi Eksperimental terhadap Siswa Kelas X Semester Genap SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) }, author = {1113024041 MEGYAN PRATAMA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13079/}, abstract = {Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-Gain yang dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata N-gain sebesar 70,02. Peningkatan indikator berpikir kreatif siswa terjadi pada indikator berpikir lancar (75,88\%), berkriteria ?tinggi?; berpikir luwes (95,18\%) berkriteria ?tinggi?; berpikir orisinal (89,32\%) berkriteria ?tinggi?; dan berpikir merinci (71,54\%) berkriteria ?tinggi?. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati memiliki kriteria tinggi yaitu 76,85\%. Dengan demikian, pembelajaran Problem Posing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Lingkungan. Kata kunci : aktivitas, berpikir kreatif, lingkungan, model problem posing } }