%0 Generic %9 Other %A Muhammad Panji Wibowo, 1113021051 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:13088 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 20 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/13088/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa dari dua kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa, namun tidak efektif ditinjau dari persentase ketuntasan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Efektivitas, Pemahaman Konsep Matematis, TPS