%A Tony Susetyo 0913032070 %T HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN SIKAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BATANGHARI NUBAN LAMPUNG TIMUR %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana hubungan pemanfaatan media audiovisual dengan tingkat pemahaman dan sikap siswa VII SMP Negeri 3 Batanghari Nuban Lampung Timur tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 batanghari Nuban Lampung Timur 131 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 27 responden. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan skala sikap. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pemanfaatan media audiovisual dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (X) dominan pada kategori optimal dengan persentase 40,8%, (2) pemahaman siswa materi menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Y 1 ) dominan pada kategori paham dengan persentase 74,1%, (3) sikap siswa dalam kemerdekaan mengemukakan pendapat (Y 2 ) dominan pada kategori setuju/mendukung dengan persentase 70,4%, (4) terdapat hubungan yang positif, signifikan, dan kategori keeratan tinggi antara hubungan pemanfaatan media audiovisual dengan tingkat pemahaman dan sikap siswa, artinya semakin optimal pemanfaatan media audiovisual dimungkinkan tingkat pemahaman siswa menjadi lebih meningkat dan sikap siswa dapat berubah ke arah yang lebih baik sehingga pada akhirnya pembelajaran akan mencapai hasil belajar yang baik. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints13106