%A NOVITA BARLA 0913032090 %T PENGARUH TINGKAT INTENSITAS PEMBERIAN LATIHAN SOAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2012/2013 %X Latihan merupakan suatu kegiatan pengulangan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi siswa lebih memahami bahan pelajaran agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Dengan adanya pemberian latihan-latihan soal yang sering kepada siswa diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh tingkat intensitas pemberian latihan soal terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKn kelas VII di SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif uji pengaruh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh intensitas pemberian latihan soal (X) dominan pada kategori cukup berpengaruh dengan persentase 36,6%, (2) prestasi belajar (Y) dominan pada kategori tinggi dengan persentase 40%, (3) hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif, signifikan, dan kategori keeratan tinngi antara pengaruh tingkat intensitas pemberian latihan soal terhadap belajar, artinya semakin berpengaruhnya tingkat intensitas pemberian latihan soal mungkinkan semakin meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints13118