title: Representasi Ikonitas Emosional Gambar Meme Komik Indonesia (Analisis Semiotika Pada Akun Twitter Meme Comic Indonesia @MemeComicIndo) creator: Prayoga Ardhi Pratama, 1116031088 subject: HE Transportation and Communications subject: N Visual arts (General) For photography, see TR description: Meme kini telah menjadi sebuah fenomena baru dalam media sosial. Meme digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan yang dikemas kedalam sebuah gambar yang diberi sebuah deskripsi kalimat penjelas. Meme ini unik karena digunakan untuk merepresentasikan ikonitas emosional pada diri manusia. Ikonitas emosional berupa gambar wajah manusia dengan karakter emosi seperti senang, sedih, marah, kesal dan netral. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes berdasarkan salah satu kode pokoknya yaitu kode simbol. Simbol merupakan aspek pengkodean fiksi yang paling khas bersifat struktural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makana yang terdapat pada gambar meme. Penelitian dilakukan selama satu periode yaitu bulan november 2014. Kesimpulan penelitian ini yaitu representasi ikonitas emosional gambar meme adalah sebuah bentuk gambar peniruan tentang sikap manusia yang pemaknaan gambar itu bergantung pada deskripsi kalimat yang digunakan. Ikonitas emosional yang sering muncul dan di retweet adalah gambar meme yang bertemakan kekinian yaitu tema yang berkaitan dengan remaja. Karakter yang gambar meme yang sering muncul yaitu karakter Yao Ming dengan gambar yang disesuikan dengan deskripsi kalimat. Kata Kunci : Ikonitas Emosional, Gambar Meme, Semiotika Abstrak Lately, Meme has become a new phenomena in social media. Meme is used to convey a message into an image thats given a description of an explanatory sentence. Meme is unique because it used to represent emotional iconic in human beings. Iconic emotional has the shape of human face with emotional characters such as happy, sad, angry, upset and neutral. This research use semiotic Roland Barthes's theory based one of the principal code that is the code symbol. Symbol encoding is an aspect of fiction that most distinctive structural. The aims of this research is to know the contained meaning in the meme images. Research conducted during one period in November 2014. The representation of emotional iconic meme image is impersonation picture of the human attitudes that the meaning of image depends on description of sentences used. Iconic emotional that often appear and retweet is images present related to teenagers. The characters of meme images that often appear is character of Yao Ming image that adjusted with descriptions sentence. Keywords: Emotional Iconic, Meme Images, Semiotic publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik date: 2015-08-24 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/1/1.%20COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/3/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/4/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/5/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/6/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/7/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/8/8.%20MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/9/9.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/10/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/12/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/19/BAB%20VI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13125/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Prayoga Ardhi Pratama, 1116031088 (2015) Representasi Ikonitas Emosional Gambar Meme Komik Indonesia (Analisis Semiotika Pada Akun Twitter Meme Comic Indonesia @MemeComicIndo). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/13125/