%A 0813052046 SITI NURFITRIANA %T ARAH PILIHAN BIDANG JABATAN BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PRINGSEWU %X Masalah penelitian ini adalah arah pilihan bidang jabatan siswa. Adapun permasalahan penelitian adalah Arah Pilihan Bidang Jabatan Berdasarkan Jenis Kelamin dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Pringsewu. Penelitian ini bertujuan mengetahui arah pilihan bidang jabatan siswa kelas XI menurut pengelompokan jenis kelamin dan Prestasi Belajar. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan Inventori Karier Arahan Diri (IEKAD) dan studi dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN Pringsewu berjumlah 200 orang siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 67 siswa yang ditentukan menggunakan rumus proporsional. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat perbedaan Arah pilihan bidang jabatan berdasarkan jenis kelamin. Pada jenis kelamin laki-laki memiliki pola Realistik (R), Sosial (S), dan Wirausaha (W). Sedangkan pada jenis kelamin perempuan memiliki pola Sosial (S), Wirausaha(W), dan Artistik (A). Prestasi Belajar Tinggi memiliki pola Wirausaha (W), Realistik (R), dan Konvensional (K). Prestasi Belajar Sedang memiliki kode ringkasan Realistik (R), Sosial(S), dan Wirausaha (W), dan Prestasi Rendah memiliki pola Sosial(S), Wirausaha(W), Investigatif (I). Saran dalam penelitian ini ditujukan ; (1) kepada Guru bimbingan dan konseling diharapkan untuk melaksanakan konseling karier agar siswa mampu memahami hal-hal yag berkaitan dengan potensi diri, bakat, minat, dan karier siswa dimasa mendatang. (2) Peneliti lain Untuk mengembangkan penelitian arah pilihan bidang jabatan berdasarkan jenis kelamin dan prestasi belajar (3) siswa agar mengikuti konseling karier untuk memahami preferensi vokasionalnya, selain itu konseling karier dapat membantu siswa memilih karier sesuai dengan potensi dirinya. Kata kunci : Arah Pilihan Bidang Jabatan, Jenis kelamin, Prestasi Belajar %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints13141