%0 Thesis %9 Masters %A Firmansyah, 1113053042 %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2015 %F eprints:13143 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI KECAMATAN KOTA AGUNG BARAT KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/13143/ %X ABSTRAK INDONESIA Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah disiplin belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestaasi belajar IPS?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “ex post facto” dengan desain “cluster sampling”. Analisis data dengan statistik parametrik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Kotaagung Barat yang memiliki motivasi dan disiplin belajar rendah. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS sebesar 0,95, besarnya kontribusi 90%. (2) terdapat pengaruh antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. Sebesar 0,98, Besarnya kontribusi 96%. (3) terdapat pengaruh antara disiplin belajar dengan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS sebesar 0,82 besarnya kontribusi 67%. Kata kunci : Disiplin, motivasi, Belajar, dan Prestasi. ABSTRAK INGGRIS