%A 1114051033 Muhammad Nurudin Kodrat %T ANALISIS USAHA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KELANTING (Studi Kasus di Desa Gantimulyo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur) %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan usaha; mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agroindustri kelanting; serta merumuskan alternatif strategi pengembangan agroindustri kelanting di Desa Gantimulyo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis usaha dan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal matriks IFE, EFE, dan Matriks SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan agroindustri. Hasil analisis faktor internal menunjukkan bahwa skor kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan. Kekuatan utama agroindustri kelanting yaitu kerjasama antar pengusaha dan distributor, sedangkan kelemahan terbesar yaitu kurangnya promosi produk. Faktor eksternal menunjukkan bahwa skor peluang lebih besar dibandingkan dengan ancaman. Peluang terbesar yaitu permintaan produk yang cukup tinggi, sedangkan ancaman terbesar yaitu kenaikan harga sarana produksi. Strategi pengembangan agroindustri kelanting yaitu meningkatkan kerjasama antara pengusaha, dan memanfaatkan ketersediaan modal untuk membuka pasar baru. Kata kunci : analisis usaha, analisis SWOT, strategi pengembangan agroindustri, kelanting The objectives of this research were to identify the strength, weakness, opportunity, and threat of kelanting agroindustry; and to formulate the kelanting agroindustrial development strategy that?s located in Gantimulyo, Pekalongan, Lampung Timur. This research was descriptive research using business analysis to identify internal and exsternal factors, IFE, EFE, and SWOT matrixes to formulate agroindustrial development strategy. The research result showed that strength score was greater than the weakness for internal factors. The main strength factor was cooperation between producers and distributors, meanwhile the main weakness factor was lack of product promotion. The opportunity score was greater than the threat for external factors. The main opportunity factor was product demand, meanwhile the main threat factor was production utility price increase. The formulate of kelanting agroindustrial development strategy was to improve the cooperation between kelanting producers and to get benefit of capital availabilty to create the new market. Keywords: business analysis, SWOT analysis, agroindustrial development strategy, kelanting %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Pertanian %L eprints13147