@misc{eprints13148, month = {Agustus}, title = {PENINGKATAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2014-2015}, author = {1013052027 TAMARA BOY}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13148/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah kedisiplinan siswa di sekolah. Permasalahan penelitian adalah ?Apakah terjadi peningkatan kedisiplinan di sekolah dengan menggunakan layanan konseling kelompok?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatkan kedisiplinan siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada kelas XI SMA Negeri 3 Kotabumi. Metode penelitian adalah metode quasi experimental dengan one-group pretestposttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi checklist kedisiplinan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan disiplin siswa di sekolah mengalami peningkatan yang signifikan setelah pemberian layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest diperoleh zhitung = -2,869 dan ztabel 0,05 = 1,645. Karena Z hitung {\ensuremath{<}} Z tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada disiplin siswa, sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan layanan konseling kelompok kepada subyek penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini disiplin siswa di sekolah mengalami peningkatan secara signifikan setelah mengikuti layanan konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Saran yang dapat diberikan (1) Kepada siswa yang memiliki disiplin yang rendah, hendaknya mengikuti layanan konseling kelompok. (2) Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan disiplin siswa yang rendah dengan melakukan layanan konseling kelompok. (3) Kepada para peneliti lain hendaknya dapat menggunakan pendekatan yang berbeda dan dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu kedisiplinan siswa di sekolah, ketepatan siswa masuk kelas dan hubungan siswa dengan guru bidang studi. Kata kunci : bimbingan dan konseling, kedisiplinan di sekolah, layanan konseling kelompok.} }