@article{eprints13164, month = {Januari}, title = {IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBEKALAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT (TNI-AD) UNTUK DAERAH KONFLIK MENGGUNAKAN TEKNIK MARKER TANGIBLE }, author = {RADITYA ANDI PUJAKESUMA 0617032019}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13164/}, abstract = {Abstrak Augmented Reality (AR) adalah penggabungan antara objek virtual 3D dengan lingkungan nyata secara real time. Penelitian ini akan menggabungkan teknologi AR ke dalam materi pembekalan persenjataan dan perlengkapan personil TNI-AD dengan menerapkan teknik marker tangible, sehingga proses pembekalan menjadi lebih menarik dengan adanya objek persenjataan dan perlengkapan. Media virtual pembekalan ini memerlukan video streaming dengan alat bantu kamera sebagai sumber masukkan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker dengan menggunakan sistem tracking. Setelah marker dideteksi, objek persenjataan dan perlengkapan akan tampil tepat di atas marker sehingga tampak nyata. Untuk menampilkan persenjataan dan perlengkapan AR ini, objek harus terlebih dahulu dibuat dengan menggunakan perangkat lunak 3D (autodesk 3D max 9). Setelah objek persenjataan dan perlengkapan telah selesai dibuat kemudian dilakukan pengubahan format yaitu diubah ke dalam format .MESH. Kata kunci : Augmented Reality, pembekalan persenjataan dan perlengkapan personil TNI-AD, marker tangible. } }