TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints13169 UR - http://digilib.unila.ac.id/13169/ A1 - Ernila Indah Febrika, 1113053039 Y1 - 2015/09/15/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah lebih banyak siswa yang memiliki prestasi rendah dibandingkan dengan siswa yang memiliki prestasi tinggi. Dapat di simpulkan bahwa ada siswa yang lamban dalam menangkap pelajaran yang disampaikan guru dengan lisan/ceramah, hal ini menandakan bahwa siswa-siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam belajar di kelas. Cara yang mereka gunakan untuk menerima pelajaran merupakan gaya belajar mereka masing-masing. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Pringsewu Timur. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sedangkan jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Sampel berjumlah 88 siswa kelas IV SD Negeri 2 Pringsewu Timur. Pengumpulan data menggunakan tes observasi dan kuisioner untuk mengukur gaya belajar siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Hasil analisis diperoleh nilai korelasi sebesar 0,650 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,423 atau gaya belajar memberikan kontribusi sebesar 42,3% terhadap prestasi belajar siswa, selebihnya didukung oleh faktor lain.Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa SD Negeri 2 Pringsewu timur. Kata Kunci : gaya belajar, prestasi belajar, PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -