TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints13176 UR - http://digilib.unila.ac.id/13176/ A1 - TITI NURBAITI, 1113023066 Y1 - 2015/08/18/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan ilmiah dalam mening- katkan kemampuan berpikir orisinil siswa yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga. Pendekatan ilmiah terdiri dari lima langkah yaitu Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar/mengasosiasi dan Mengomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA1 s.d XI MIA4 di SMA Negeri 1 Bangunrejo Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol dan XI MIA3 sebagai kelas eksperimen. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir orisinil pada kelas kontrol sebesar 0,603 dan eksperimen sebesar 0,763. Berdasarkan pengujian hipotesis (Uji T-Tes) hasil penelitian meningkat secara signifikan. Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah Titi Nurbaiti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil pada materi larutan penyangga. Kata kunci : Kemampuan berpikir orisinil, larutan penyangga, pendekatan ilmiah. PB - FAKULTA KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR ORISINIL SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA AV - restricted ER -